Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Surat Pribadi Kelas VII SMPN 3 Tangerang Selatan

Selly Namatilara, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan penggunaan tanda baca titik, (3) kesalahan penggunaan bahasa atau pemilihan kata, (4) kesalahan kalimat metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 SMPN 3 Tangerang Selatan. Objeknya berupa surat pribadi yang dibuat oleh para siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VII 1 SMPN 3 Tangerang Selatan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, soal yang disampaikan secara lisan, dan lembar pencatat data. Dalam analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik agih dan teknik ganti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa pada siswa kelas VII 1 SMPN 3 Tangerang selatan antara lain : (1) pemakaian diksi atau kalimat, (2) tidak sesuai dengan ejaan berbahsa Indonesia, (3) kalimat tidak baku.

Full Text:

PDF

References


Afiana, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan dalam Karangan Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 68–78.

Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmawati, Uti. 2007. Surat- Surat Pribadi. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setyawati, Nanik. 2010. Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura, 3(2), 67–76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ