Penerapan Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Labschool FIP UMJ

Dinda Septiandari, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII-1 di SMP Labschool FIP UMJ melalui pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan disain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama satu semester, melibatkan siswa kelas VII-1. Fokus tindakan yang dilakukan  adalah untuk mengembangkan keterampilan menulis teks fabel dengan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL), yang membantu siswa menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun informasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengukur keberhasilan penelitian ini, peneliti menggunakan nilai rerata siswa sebelum tindakan (pra-siklus) sebagai acuan awal yang kemudian menargetkan peningkatan capaian tersebut agar melampaui atau setidaknya mencapai nilai minimum KKM yaitu 75,00. Dari hasil capaian nilai siswa pada keterampilan menulis, rerata capaian mereka sebelum tindakan adalah 74,00. Angka ini hampir mendekati nilai standar minimum pada KKM. Berdasarkan hasil capaian pada pra-siklus ini, peneliti melakukan tindakan kelas dan mengukur perkembangan yang dicapai siswa setelah tindakan. Pada Siklus I capaian rerata nilai siswa adalah sebesar 85,53. Hal ini berarti siswa mengalami kenaikan capaian belajar sebesar 11,53 poin. Berdasarkan hasil temuan ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terbukti dengan proyek kumpulan teks fabel yang dihasilkan oleh siswa kelas VII-1. Penelitian ini menyarankan bahwa pentingnya mengintegrasikan strategi pembelajaran yang mendorong keterampilan menulis dalam kurikulum Bahasa Indonesia di sekolah menengah.

Full Text:

PDF

References


Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2), 186-196.

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). 8-12.

Putri, A. & Zaini, R.K. (2023). Cerita fabel sebagai pemantik Project Based Learning: Materi menggambar komik di SMPN 1 Sidoarjo. Jurnal Seni Rupa. 11(3), 127-139.

Setyawati, I. A. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning untuk meningkatkan ketrampilan menulis teks fabel atau legenda. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 12-19.

Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai model pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 143-151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ