Peningkatan Menilai yang Dapat Diteladani dalam Teks Biografi Menggunakan Model Concept Sentence di MA Muhammadiyah Kadudampit Kabupaten Sukabumi

Ikhsan Fadilla, Hastri Rosyanti, Bachtiar Bachtiar

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   kemampuan   siswa   menilai   hal   yang   dapat diteladani dari teks biografi menggunakan model pembelajaran concept sentence di kelas X MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap dengan jumlah siswa 41 orang yang terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 26 orang. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dengan  prosedur pelaksanaan  terdiri  dari  empat  tahap  (1) Perencanaan,  (2) Tindakan,  (3) Observasi,  (4) Refleksi.  Instrumen  penelitian  yaitu  lembar  observasi,  dan  catatan lapangan.  Hasil  penelitian  ini  yang  dilakukan  dilapangan  maka  kemampuan  siswa  menilai  hal  yang dapat  diteladani  dari  teks  biografi  menggunakan  model concept  sentence.  hasil  lembar observasi guru pada  pertemuan  pertama  sebesar  53% kategori siswa kurang paham materi 47% siswa paham materi dan  pertemuan  kedua  sebesar  25% siswa kurang paham materi dan 75% siswa paham materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan   bahwa:   penggunaan model   pembelajaran Concept  Sentence dapat   meningkatkan kemampuan siswa menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi kelas X MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Full Text:

PDF

References


Bawamenewi, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 145–154.https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.13 03

Laoli, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2022). The Application of Lesson Study in Improving the

Quality of English Teaching. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2238-2246.

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence

Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182-191 https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i 2.1847

Waruwu, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 300–306. https://doi.org/10.56248/educativo.v 1i1.46


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ