Peningkatan Menilai yang Dapat Diteladani dalam Teks Biografi Menggunakan Model Concept Sentence di MA Muhammadiyah Kadudampit Kabupaten Sukabumi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi menggunakan model pembelajaran concept sentence di kelas X MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap dengan jumlah siswa 41 orang yang terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 26 orang. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaan terdiri dari empat tahap (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini yang dilakukan dilapangan maka kemampuan siswa menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi menggunakan model concept sentence. hasil lembar observasi guru pada pertemuan pertama sebesar 53% kategori siswa kurang paham materi 47% siswa paham materi dan pertemuan kedua sebesar 25% siswa kurang paham materi dan 75% siswa paham materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan siswa menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi kelas X MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi Tahun Pembelajaran 2024/2025.Referensi
Bawamenewi, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 145–154.https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.13 03
Laoli, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2022). The Application of Lesson Study in Improving the
Quality of English Teaching. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2238-2246.
Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence
Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182-191 https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i 2.1847
Waruwu, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 300–306. https://doi.org/10.56248/educativo.v 1i1.46