Analisis Karakter dan Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah MTs Muhammadiyah Al-Muhajirin Patuk

Tarisya Gunawan, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter dan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah MTs Muhammadiyah Al-Muhajirin Patuk gunung Kidul. Dalam dunia pendidikan perkembangan belajar dan karakteristik seorang peserta didik sangat penting di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Hasil dari analisis penelitian ini diketahui bahwa factor yang paling utama dalam mempengaruhi karakter peserta didik yaitu, keluarga, guru, lingkungan sekitar, dan media pembelajaran yang menarik. Jika salah satunya tidak ada, maka perkembangan karakter peserta didik tidak akan membentuk dengan semestinya, karena guru, media pembelajaran, serta model pembelajaran peserta didik, memiliki peran yang besar dalam pembentukan karakter peserta didik. Untuk mendukung hal ini, ada baiknya para guru mengokohkan karakter yang dimiliki. Selanjutnya, factor yang paling penting yaitu kasih saying dan dukungan dari keluarga. Karena jika tidak ada dukungan dari keluarga, maka akan menghambat sebuah proses pembentukan karakter siswa. Yang menghambat pembentukan karakter peserta didik, yaitu ketika tidak adanya keharmonisan dam sebuah keluarga dan perteman yang baik di dalam kelas

Full Text:

PDF

References


Anggun Noor Kurnia sari, M. N. (2022). analisis karakter terhadap latar belakang peserta didik bagi pembelajaran efektif . SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU.

Dwi Aisyah Rizani, D. t. (2022 ). Analisis Karakteristik peserta didik ditinjau dari perkembangan Motovasi belajar dan sosial emosional . SEMINAR NASIONAL PENDIKAN GURU , 47-51.

Ina Magdalena, A. l. (2020 ). ANALISIS KARAKTER DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. EDISI: Jurnal Edukasi dan Saind , volume 2, nomor 3, 301-312.

MIA. (2022). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik . Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keguruan , vol 6, 4.

Sulistiyowati, E. (2013 ). pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia . Edukasi:Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , No. 2.

TAUFIK, A. (2019). ANALISIS KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK . No. 01 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ