Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, seringkali siswa mengalami penurunan motivasi belajar yang dapat menghambat pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Media pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan minat dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang interaktif juga dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Setiabudi Pamulang, penelitian ini berlangsung pada saat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang menjadi fokus penelitian adalah penelitian-penelitian terkait dengan efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Proses belajar mengajar akan berhasil apabila adanya interaksi antara kedua pihak. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi khususnya internet dalam sistem informasi, proses belajar mengajar telah memanfaatkan teknologiinformasi tersebut baik dari jenjang pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Penggunaan teknologi seperti komputer, internet, atau aplikasi pembelajaran berbasis digital, dengan adanya teknologi pembelajaran, siswa dapat belajar secara mandiri dan interaktif, sehingga motivasi belajar mereka dapat meningkat. Hasil analisis studi literatur dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis teknologi dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Beberapa teknologi pembelajaran yang telah terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain, multimedia pembelajaran, game-based learning, e-learning, dan flipped classroom. Dalam penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi pembelajaran yang efektif ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2020). Hubungan motivasi religius dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 31-45.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan motivasi berprestasi, minat dan perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133-1143.
Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988-999.
Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64-82.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.
Simorangkir, E. K., & Pangestie, E. P. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 2(2), 21-29.
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).
Utami, M. Z., Setiawan, I., Risdianto, E., & Viona, E. (2021, June). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi alat-alat optik. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.