PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 8.3 SMP DHARMA KARYA UT

Mutiara Zulkarnain, Yasin Efendi

Abstract


Penelitian ini meneliti pengaruh media wordwall pada hasil belajar siswa 8.3 SMP Dharma Karya UT tahun ajar 2023/2024. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menjadikan pembelajaran yang berkesan bagi siswa, serta menginspirasi guru-guru di SMP Dharma Karya UT dalam mengemas pembelajaran yang lebih menarik. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes, panduan observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis dinyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan yang cukup baik pada ketuntasan, rata-rata, dan nilai tertinggi setelah diterapkannya media wordwall pada saat kegiatan pembelajaran. sehingga penggunaan media wordwall dapat mempengaruhi hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24

Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454-1464.

Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 26-34.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.

Siagian, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6(1), 886-893.

Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ