Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas IV SD Karisma Bangsa

Dimas Aji Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar di kelas IV SD Karisma Bangsa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok tunggal. Peserta penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Karisma Bangsa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Temuan ini mendukung keefektifan Model PBL dalam konteks pembelajaran matematika di kelas IV.

Full Text:

PDF

References


Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal penelitian pendidikan, 35(1), 61-70.

Boaler, J. (2016). Mathematical Mindsets: Unleashing Students’ Potential through Creative Math, Inspiring Messages and Innovative Teaching.

Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-84.

Brown, A. L., & Johnson, A. P. (2020). Active learning: An introduction to the practice. Routledge.

Cresswell, John. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.

Dolmans, D. H. J. M., de Grave, W., & Wolfhagen, I. H. A. P. (2019). Problem-Based Learning: Future Challenges for Educational Practice and Research. Medical Education, 53(4), 390–397.

Eismawati, E., K. H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Fitriani, I. (2019). Penggunaan Pendekatan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 34–41.

Haryani, Y., & Susanto, H. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 251–260.

Kemmis, S., & Taggart, R. (2018). The action research approach. Sage Publications.

Leppisaari, I., & Lakkala, M. (2018). Problem-Based Learning in Primary School Mathematics: Challenges for the Teachers’ PBL Professional Development. . Journal of Mathematics Teacher Education, 21(6), 443–466.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA Press.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Wahyuni, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Confidence Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(5), 44–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ