Hubungan Antara Tata Tertib Sekolah dengan Karakter Disiplin Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SD Negeri Cipete 5 Kota Tangerang

Sri Imawati, Rika Maulani Putri

Abstract


Di setiap sekolah memiliki tata tertib baik dalam waktu, berpakaian dan berperilaku yang semuanya itu akan membentuk karakter pada anak salah satunya adalah karakter disiplin. Dengan adanya tata tertib di sekolah dalam membiasakan siswa untuk selalu bertingkah laku yang baik, tertib dan taat pada segala aturan yang berlaku, sehingga tidak banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tata tertib sekolah dengan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn dan juga untuk mengetahui besarnya tingkat hubungan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cipete 5 Kota Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner atau angket. Untuk analisis data dilakukan dengan uji koefisien korelasi product moment dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tata tertib sekolah dengan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05 dengan nilai r hitung atau pearson correlation sebesar 0,567. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tata tertib sekolah dengan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn dengan tingkat hubungan sedang. Adapun perolehan persentase yang didapat sebesar 32,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besarnya tingkat hubungan antara tata tertib sekolah dengan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn kelas II di SD Negeri Cipete 5 Kota Tangerang sebesar 32,2%.


Full Text:

PDF

References


Alfianika, Ninit. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2018), hal.147.

Arsaf, Asmi Nurul. 2016. Faktor Penyebab Pelanggaran Tata Tertib (Studi pada Siswa di SMA Negeri 18 Makasar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi. Vol.3.

Imawati, S. dan Rahayu, V.P. (2022). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Kelas 1 di SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), pp. 140- 145. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2207

Julia, P., & Mailinar, C. (2020). Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Karakter Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 28 Kota Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 2(2).

Julkifli, M., & Irfan, N. I. 2021 Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegara (PPKn) Bermuatan Karakter Nasionalis Siswa. JURNAL JURDIKBUD. 1(3), 55-65.

Kamaruddin, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Kurniawan, Aditya Wisnu. 2018. Budaya Tertib Siswa di Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193-208.

Suprayitno, A & Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ