Peran Bermain Media Konstruktif dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa

Sodikin Jarkasih, Zulfitria Zulfitria, Yasin Efendi, Nurbojatmiko Nurbojatmiko

Abstract


Dilatarbelakangi Perkembangan anak banyak sekali dipengaruhi oleh dorongan dan rangsangan yang dialaminya dari keadaan lingkungan di sekelilingnya. Walaupun demikian hendaknya para orang tua dan para pendidik paham mengenai cara menciptakan dan membina kegiatan bermain bagi anak. Banyak TK yang terlalu memfokuskan kegiatan belajarnya dengan mentargetkan murid- muridnya untuk bisa membaca, menulis, bahkan berhitung penjumlahan dan pengurangan hingga angka. Tujuan untuk mengetahui peran bermain media konstruktif dalam meningkatkan kreatifitas anak di TK HIAMA Bogor. Tahapan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara pengambilan data yang akan digunakan adalah dengan angket, interview, observasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa lebih semangat dan senang bermain sambil belajar dengan dengan puzzle, balok balok yang menumbuhkan kreativitas siswa.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya

Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi Remaja. (Jakarta: Bumi Aksara)

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. 2001.(Jakarta: Erlangga)

Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak

(Jakarta: Program Studi Pendidikan Usia Dini PPS Universitas Negeri Jakarta.

Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Moeslichatoen. 2008. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: PT. Rineka Cipta. Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini (Yogyakarta: Gava Media

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini -Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. (Jakarta: Kencana Prenada)

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. (Jakarta: Grasindo.

Yeni Rachmawati & Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. (Jakarta: Kencana)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ