Kelayakan Modul IPA Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Literasi Sains

Faqih Abdul Bashir, Sarwanto Sarwanto, Baskoro Adi Prayitno

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan modul IPA Berbasis Project Based Learning terintegrasi literasi sains . Penelitian ini mengunakan penelitian pengembangan yaitu yang diimplementasikan dalam pembuatan modul IPA berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi literasi sains ini mengadaptasi dari model Borg and Gall. Hasil penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari validasi dan hasil uji coba yaitu berupa angka yang nantinya akan di deskripsikan. Hasil kelayakan modul pembelajaran dinyatakan valid, jika modul pembelajaran memenuhi syarat layak dengan skor dari seluruh unsur yang terdapat pada angket. Secara keseluruhan hasil uji validitas ahli menunjukkan bahwa kelayakan isi modul kategori sangat baik dan layak, kelayakan penyajian pembelajaran kategori sangat baik dan layak, pada kelayakan bahasa menempati kategori sangat baik dan layak. Preliminary Field Testing dilanjutkan dengan mengetahui validasi praktisi Pendidikan dan respon peserta didik pada modul, secara keseluruhan hasil uji praktisi Pendidikan menunjukkan bahwa modul sangat baik dan layak digunakan.  Rata-rata hasil penilaian modul pada keseluruhan aspek adalah kriteria baik, maka modul layak untuk digunakan. Tahapan penelitian selanjutnya menguji respon peserta didik kelompok besar. Rata-rata hasil  penilaian modul  pada keseluruhan aspek adalah adalah kriteria baik, maka modul layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ