Pancasila: Ideology Negara dalam Pendekatan Pendidikan

Hambali Hambali, Hariyanti Hariyanti, Jumili Arianto, Radini Radini

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan historisitas lahirnya konsepsi Pancasila serta pro kontra yang muncul mengenai pencipta Pancasila serta upaya untuk menginternalisasikan Pancasila dalam pendekatan Pendidikan di persekolahan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Artikel ini menggunakan metode literature review dalam menganalisis masalah dan mencarikan solusinya melalui analisis teori dan hasil penelitian mengenai permasalahan terkait. Berdasarkan analisis dokumen diketahui bahwa Pancasila merupakan karya bangsa Indonesia yang digali dari nilai-nilai luhur kebudayaan, soekarno hanya menggali Mutiara tersebut dan merumuskannya dalam satu konsepsi yang disebut Pancasila, namun konsepsi tersebut berbeda dengan Pancasila yang berlaku saat ini sebagaimana yang disahkan oleh PPKI pada 18 Agustus 1945 sebagai ideologi negara. Pancasila harus terus diinternalisasikan khususnya dalam pendekatan Pendidikan, tidak hanya melalui mata pelajaran di kelas tetapi juga dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler kecerdasan berideologi. Sebuah pemikiran untuk kembali membuat Pancasila easy to discuss namun melalui cara yang edukatif, bukan indoktrinatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ