Pengaruh Lingkungan dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar (Literature Review)

Cinta Putri Enjelita, Novi Wulandani, Evalina Evalina

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang terus menerus berkembang seiring berjalannya waktu. Tuntutan guru maupun siswa semakin lama juga semakin berinovatif. Setiap guru maupun siswa juga memiliki target atau tujuan pembelajaran yang nantinya hal tersebut akan menjadi sebuah pedoman pembelajaran. Dalam mencapai tujuan pendidikan, ada beberapa faktor yang harus dicapai setiap proses pembelajaran berlangsung agar siswa dan guru mencapai hasil atau target dengan maksimal. Maka dari itu, tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor seperti, sumber belajar, lingkungan dan budaya sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk menulis penelitian ini, peneliti menggunakan metode kajian literatur atau review dengan database ERIC, Pubmed, dan Google Scholar. Temuan menunjukkan bahwa faktor sumber belajar, lingkungan dan budaya sekolah sangat berpengaruh untuk membentuk pembelajaran yang efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ