Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning melalui Media Miniatur Gunung Meletus dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Pondok Cabe Ilir 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atau melihat seberapa efektif kah metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) melalui penggunaan media miniatur gunung meletus guna meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa kelas IV SD dalam materi erupsi gunung meletus di SDN Pondok Cabe Ilir 01. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimana model ini telah dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart mencakup empat komponen, yaitu: rencana (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection) yang dimana pelaksaannya dilaksakanya selama dua siklus. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, tes, dan dokumentasi hasil. Dalam hasil peneletian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengimplementasian PJBL menggunakan media miniatur gunung meletus dapat berjalan dengan baik yang dimana hasil yang dilakukan selama 2 siklus mengalamai peningkatan. Maka dari itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemebelajaran dengan metode PJBL menggunakan miniatur gunung meletus dapat memberikan dampak positif terhadap siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.