Implementasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Siswa di SMK Perpajakan Riau
Abstract
Pendidikan karakter di SMK Perpajakan Riau mendapat sorotan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengatasi tantangan yang meliputi kurangnya disiplin, etos kerja, dan tanggung jawab di kalangan siswa. Meskipun upaya telah dilakukan untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kurikulum, hasil yang diharapkan belum sepenuhnya tercapai. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan model pendidikan berbasis karakter yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi identifikasi subjek penelitian, persiapan dan persetujuan, pengumpulan data, analisis data, serta interpretasi dan penarikan kesimpulan. Integrasi pendidikan karakter dilakukan melalui pendekatan holistik yang mencakup aspek kognitif (pengetahuan dan keterampilan), tetapi juga aspek afektif (sikap dan nilai-nilai) dan psikomotorik (keterampilan fisik) dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis karakter berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan membentuk karakter yang sesuai dengan kebutuhan pada dunia kerja nantinya, terutama di sektor perpajakan. Pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang terintegrasi secara konsisten mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan moral dan etika siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan mengenai pentingnya pendidikan karakter sebagai fondasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guna membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya komitmen bersama dari semua pihak terkait untuk mendukung dan memastikan kesinambungan program pendidikan karakter di SMK Perpajakan Riau guna mencapai hasil yang berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.