Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1.1 SD Dharma Karya UT

Lisa Andiyani, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 1.1 SD Dharma Karya UT. Metode role playing dipilih karena dianggap mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme dan partisipasi yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 1.1 SD Dharma Karya UT. Peneliti merekomendasikan penggunaan metode ini sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk mata pelajaran lain yang memerlukan pemahaman konsep dan nilai-nilai moral.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ