MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL ROLE PLAYING KELAS 2 SDN BENDA BARU 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2a SDN Benda Baru 03. Model role playing dipilih karena dianggap mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan menggunakan Model Proses Siklus (Putaran/Spiral) yang mengacu pada model PTK Kemmis S, dan Mc Tagget R yang dikutip oleh Arikunto. Adapun rancangan siklus penelitian memiliki empat tahapan kegiatan pada setiap siklusnya, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme dan partisipasi yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneasi di kelas 2a SDN Benda Baru 03. Peneliti merekomendasikan penggunaan metode ini sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk mata pelajaran lain yang memerlukan pemahaman konsep dan nilai-nilai moral
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.