Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di RA Aisiyyah 2 Lebak Siuh

Wita Nur Azizah, Muhammad Ishaq Gery, Elnawati Elnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan anak di RA AISIYYAH 2 LEBAK SIUH kelas B. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kedisiplinan yang masih rendah dari anak-anak. menggambarkan kondisi secara faksual dan sistematis tentang komponen, karakteristik, dan hubungan antara fenomena dengan metode pengumpulan data, seperti obervasi. Antara usia 3 dan 6 tahun, anak mulai patuh terhadap aturan dan kewajiban orang tuanya serta lingkungan sosialnya. berpakaian dengan baik, membersihkan mainan yang sudah digunakan, mencuci tangan setiap hari sebelum dan sesudah makan. memindahkan sepatu ke rak sepatu dan membuang sampah di tempatnya. Di RA AISIYYAH 2 LEBAK SIUH, terlihat bahwa siswa masih tidak memiliki kebiasaan menggunakan waktu yang produktif dan tidak patuh terhadap atauran sekolah, seperti tidak dapat merapihkan kembali mainan setelah dipakai, tidak tertib dalam mencuci tangan, mengambil sepatu di rak sepatu yang tidak rapih, dan tidak membiasakan diri mengantri. Oleh karena itu, guru harus berusaha untuk mengurangi sikap tidak disiplin siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memberikan contoh atau teladan, bekerja sama dengan orang tua, dan menjadi tegas adalah cara anak usia dini membangun karakter disiplin. Untuk membantu anak-anak menjadi lebih disiplin, sekolah membuat peraturan yang harus diikuti oleh mereka. Peraturan ini termasuk datang tepat waktu, berpakaian rapi, berbaris rapi, dan membuang sampah di tempatnya. Dengan memberikan nasehat, inspirasi, dan contoh yang baik, guru berusaha menanamkan karakter disiplin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ