Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Kelas X melalui Permainan Tradisional Banteng-Bantengan di SMA Muhammadiyah Ponjong Tahun 2024

Sahrul Ramadhan, Mahbubul Wathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan permainan tradisional benteng-bentengan pada pembelajaran olahraga siswa kelas X Sma Muhammadiyah Ponjong kabupaten gunung kidul (2) mendeskrpsikan penerapan permainan tradisional benteng-bentengan dapat meningkatkan porma kebugaran pada siswa kelas X Sma Muhammadiyah Ponjong Kabupaten Gunung Kidul. Pendekatan yang di gunakan penelitian menujukan kualitatif yang bersifat deskrtif. Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu menggunakan siklus pertemuan. Sedangkan Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, dokumentasi, tes, catatan lapangan hasil penelitian menunjukan bahwa menerapkan permainan teradisional banteng-bantengan pada pembelajaran olahraga kelas X Sma Muhammadiyah Ponjong Kabupaten Gunung Kidul dapat melakukan pelaksanaan dengan baik dan epektif. Hal ini terbukti pada siklus indikator dapat dicapai dengan baik sesuai dengan RPP yang di buat dengan menggunakan skor rata-rata yang memperoleh 81% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan penerapan permainan teradisional benteng-bentengan sekor rata-rata yang di peroleh dari siklus I sebesar 97% dengan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pembelajaran tradisional benteng-bentengan dapat meningkat kebugaran,Kesehatan siswa. Hal ini juga membuktikan rata-rata kebugaran siswa 80% pada siklus I meningkat menjadi 85% dalam siklus II.


Full Text:

PDF

References


Adi, Banu Setyo, Sudaryanti Sudaryanti, and Muthmainah Muthmainah. 2020. “Implementasi Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Anak 9(1):33–39. doi: 10.21831/jpa.v9i1.31375

Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Cipta Media Aksara.

Giriwijoyo, Santosa dan Sidik, Dikdik Zafar. 2012. Ilmu Faal Olahraga:Fisiologi

Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Ari Romansah.( 2021).upaya meningkatkan permainan tradisional bentengan dalam kebugaran jasmani referensi dalam jurnal tersebut.

Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri Di Madiun.Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09, 7–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ