Mengatasi Tantangan Disiplin dan Perilaku Siswa dalam Lingkungan Sekolah : Upaya Membentuk Lingkungan Belajar yang Positif
Abstract
Pentingnya membentuk lingkungan belajar yang positif di sekolah telah menjadi fokus perhatian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama sebagai guru sudah menjadi salah satu tugas utama untuk membentuk lingkungan belajar yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya apa saja yang dapat membentuk lingkungan belajar yang positif bagi kelas 2 di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Lokasi penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi. Adapun di temukan beberapa permasalahan disiplin belajar yang ditunjukkan peserta didik seperti masuk kelas tidak tepat waktu, tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, dan lain sebagainya. Melihat permasalahan tersebut, maka diperlukan upaya strategi penguatan yang dilakukan oleh guru untuk membentuk lingkungan belajar yang positif bagi siswa salah satunya melalui metode reward and punishment. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode reward dan punishment yang digunakan guru untuk memotivasi peserta didik untuk patuh dan taat kepada peraturan yang diterapkan di sekolah dalam rangka membentuk disiplin belajar. Dengan penggunaan metode reward dan punishment ini mampu memberikan penguatan peserta didik kelas 2 MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi terhadap ketaatan dan kepatuhan peraturan yang ada di sekolah sehingga peserta didik disiplin belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.