Model Pengembangan Bola Basket Dua Ring Bergerak pada Siswa Kelas X MA Muhammadiyah Kadudampit

Muhammad Agri Abdul Syakir, Bachtiar Bachtiar, Hastri Rosiyanti

Abstract


Bola basket merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola besar di sekolah yang bertujuan memperkaya gerak dan meningkatkan kesehatan jasmani siswa, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 69% dengan kategori cukup. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 81% dengan kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain Dua ring bergerak. Selain itu, setelah melakukan permainan dua ring bergerak denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan dua ring bergerak efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes..

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ