Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang pada Siswa-Siswi SMK Mutu Muhammadiyah 1 Wonosobo melalui Penggunaan Media Video

Mochammad Burhana, Doby Putro Parlindungan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa kelas X SMK MUTU MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai guling belakang siswa kelas X TJKT 2 melalui media video. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TJKT 2 SMK MUTU MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada guru dan observasi hasil belajar. Penelitian mennunjukan bahwa siswa kelas X TJKT 2 mengalami peningkatan keterampilan senam lantai guling belakang secara signifikan setelah diberi tindakan. Pada siklus I tingkat keterampilan hanya 65,5%. Setelah siklus I berakhir tingkat keterampilan belum memenuhi KKM. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat keterampilan sudah berada pada 75%, sehingga perlu dilanjutkan dengan siklus II. Tingkat keterampilan senam lantai guling belakang mencapai 87,5% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan siswa dalam materi senam lantai guling belakang dapat ditingkatkan melalui media video.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ