Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Game terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semanu

Sri Retno Palupi, Apri Utami Parta Santi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis game terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKN kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semanu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur, observasi, dan dokumentasi. Studi literatur melibatkan analisis berbagai sumber, seperti dokumen, jurnal, dan referensi pendukung. Data yang terkumpul diinterpretasikan untuk mengungkap informasi yang relevan. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh wawasan langsung tentang implementasi metode pembelajaran berbasis game di kelas. Penggunaan metode pembelajaran berbasis game dalam pembelajaran PPKN kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semanu memiliki dampak yang positif terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang efektivitas dan persepsi siswa terhadap penggunaan metode ini, serta menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ