Strategi Pembelajaran Permainan Bola Besar pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Cipetir Melalui Audio Visual

Dzul Fahmi Alfan, Hastri Rosiyanti, Bachtiar Bachtiar, Muhammad Aspar

Abstract


Didalam kegiatan pembelajaran, terdapat media pembelajaran yang membantu mempermudah kegiatan pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Disini peneliti menggunakan metode PTK atau penelitian tindakan kelas dengan media audio visual sebagai sarana pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi  efektifitas penggunaan media pembelajaran audiovisual menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan minat siswa dalam  mempelajari mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sehingga membuat hasil belajar yang memuaskan. Lalu diharapkan para guru PJOK dapat memanfaatkan media pembelajaran dengan efektif dan lebih kreatif agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Hasil  penelitian ini menemukan bahwa media pembelajaran audiovisual ini sangat efektif serta mampu meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan keterampilan siswa dalam gerak dasar permainan bola besar sesuai dengan spesifikasi nilai yang akan dicapai. 


Full Text:

PDF

References


Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional pendidikan FKIP.

Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Ichsan, J., Suraji, M., Muslim, F., Miftadiro, W., & Agustin, N. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III, 183-188.

Nurbiantoro, R. (2016). Dukungan Sosial dapat Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Pandemi Covid-19. PGRI, 1-23.

Samfyky, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam.

Sari, Eka, R., Yusnan, M., & Matie, I. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 583-591.

Shiyami, D. (2018). Metode Penelitian Nuevos Sistemas de Comunicacion e Informacion. 46-74.

Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak usia Sekolah Dasar. PGSD STKIP PGR, 1-1.

Z. E, W. (2012). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. Jouranal of Physical Education, Sport, Health, and Recreations, 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ