Meningkatkan Minat Literasi dalam Pembelajaran Teks Puisi SMA Daarul Khoir

Kaifa Melfiana, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran psikomotor teknik dasar pada pembelajaran senam lantai sikap lilin dan sikap kayang melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Nglipar Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan hasil pembelajaran psikomotor senam lantai  melalui model pembelajaran rol depan dan rol belakang problem based learning ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan, menghasilkan produk yaitu pengembangan pembelajaran teknik dasar guling depan dan guling belakang pada senam lantai melalui multimedia interaktif yaitu (1) pengantar, menjelaskan model pembelajaran dan cara membantu guling depan dan guling belakang, (2) inti, menampilkan video model pembelajaran dan cara membantu guling depan serta guling belakang, dan (3) penutup, menampilkan evaluasi butir–butir soal tentang guling belakang dan guling depan. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran teknik dasar senam lantai guling depan dan guling belakang melaui multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Nglipar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ