Meningkatkan Kemampuan Editing Video Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang melalui Pemanfaatan Capcut

Sabina Luthfiah Nazahrani, Ahmad Fadly

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang. Salah satu keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini adalah kemampuan editing video melalui pemanfaatan aplikasi CapCut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan editing video siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang melalui pemanfaatan aplikasi CapCut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan editing video siswa setelah menggunakan CapCut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ