Meningkatkan Program Ekstrakurikuler Coding Menggunakan Aplikasi Java untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah SMP Dharma Karya UT
Abstract
Program ekstrakurikuler coding menjadi salah satu pendekatan yang populer dalam meningkatkan minat dan bakat siswa SMP ut dharma karya dalam bidang informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan aplikasi java dalam meningkatkan efektivitas program ekstrakurikuler coding di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari siswa dan guru yang mengikuti program ekstrakurikuler coding di dua sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi java pada ekstrakurikuler coding meningkatkan minat dan bakat siswa secara signifikan. Aplikasi Java menyediakan platform interaktif dan mendidik bagi siswa untuk belajar pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman konsep pemrograman, dan meningkatkan kreativitas dalam membuat program baru. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Sekolah diharapkan mempertimbangkan penggunaan aplikasi java dan pendekatan serupa dalam mengembangkan program ekstrakurikuler coding untuk meningkatkan minat dan bakat siswa SMP UT Dharma Karya di bidang informatika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.