Pengenalan Dasar Pemrograman Menggunakan Metode Scratch untuk Siswa Kelas 7.3 SMP Dharma Karya UT

Authors

  • Ahmad Asyidqi Malik Qodir Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yasin Efendi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Artikel ini memperkenalkan dasar-dasar pemrograman menggunakan Scratch untuk siswa kelas 7.3  SMP Dharma Karya UT. Scratch, yang merupakan bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT, menyediakan lingkungan yang ramah pengguna bagi pemula untuk memahami konsep dasar pemrograman melalui manipulasi blok kode yang mudah dipahami. Tujuan  artikel ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Scratch dalam mengajarkan konsep dasar pemrograman kepada siswa kelas 7.3 dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan logika, dan kemampuan memecahkan masalah Anda. Melalui  pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar seperti loop, pernyataan kondisional, dan variabel. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa penggunaan Scratch tidak hanya meningkatkan minat siswa dalam pemrograman tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang konsep dasar ilmu komputer. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran dan strategi untuk mengatasinya, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum ke depan.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles