Pengenalan Dasar Pemrograman Menggunakan Metode Scratch untuk Siswa Kelas 7.3 SMP Dharma Karya UT

Ahmad Asyidqi Malik Qodir, Yasin Efendi

Abstract


Artikel ini memperkenalkan dasar-dasar pemrograman menggunakan Scratch untuk siswa kelas 7.3  SMP Dharma Karya UT. Scratch, yang merupakan bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT, menyediakan lingkungan yang ramah pengguna bagi pemula untuk memahami konsep dasar pemrograman melalui manipulasi blok kode yang mudah dipahami. Tujuan  artikel ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Scratch dalam mengajarkan konsep dasar pemrograman kepada siswa kelas 7.3 dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan logika, dan kemampuan memecahkan masalah Anda. Melalui  pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar seperti loop, pernyataan kondisional, dan variabel. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa penggunaan Scratch tidak hanya meningkatkan minat siswa dalam pemrograman tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang konsep dasar ilmu komputer. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran dan strategi untuk mengatasinya, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum ke depan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ