Pengenalan Dasar Pemrograman Menggunakan Metode Scratch untuk Siswa Kelas 7.3 SMP Dharma Karya UT
Authors
Ahmad Asyidqi Malik Qodir
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Yasin Efendi
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstract
Artikel ini memperkenalkan dasar-dasar pemrograman menggunakan Scratch untuk siswa kelas 7.3 SMP Dharma Karya UT. Scratch, yang merupakan bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT, menyediakan lingkungan yang ramah pengguna bagi pemula untuk memahami konsep dasar pemrograman melalui manipulasi blok kode yang mudah dipahami. Tujuan artikel ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Scratch dalam mengajarkan konsep dasar pemrograman kepada siswa kelas 7.3 dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan logika, dan kemampuan memecahkan masalah Anda. Melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar seperti loop, pernyataan kondisional, dan variabel. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa penggunaan Scratch tidak hanya meningkatkan minat siswa dalam pemrograman tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang konsep dasar ilmu komputer. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran dan strategi untuk mengatasinya, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum ke depan.