Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris dan Pengembangan Kosakata melalui Metode Pembelajaran Berbasis Nyanyian bagi Siswa SMP Negeri 23, Kota Tangerang Selatan, Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris dan pengembangan kosakata (vocabulary) siswa melalui metode pembelajaran berbasis nyanyian. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas IX SMP Negeri 23, Kota Tangerang Selatan, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis nyanyian efektif dalam meningkatkan kemampuan pengucapan dan pengembangan kosakata siswa. Data yang diperoleh melalui observasi, tes pengucapan, dan tes kosakata menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kedua aspek tersebut setelah penerapan metode ini. Selain itu, siswa menunjukkan minat dan antusiasme yang lebih tinggi terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan nyanyian dalam pembelajaran bahasa Inggris memberikan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar metode pembelajaran berbasis nyanyian diterapkan secara lebih luas dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang efektif.
Full Text:
PDFReferences
Kartika, S., & Khaeri, M. S. (2020). Peningkatan Hasil belajar Bahasa inggris melalui metode bernyanyi pada siswa Kelas ia mi nurul Anwar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.58
Sumerjaya, I. G. (2022). Peningkatan Hasil belajar penguasaan Kosakata Bahasa inggris pada materi parts of body melalui media lagu pada siswa kelas Ivd sd widiatmika. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 493–501. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.712
Enda, R. R., Makaborang, Y., Lunga, D. R., Inda, H. H., & Hana, A. S. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa inggris menggunakan lagu untuk meningkatkan Kosakata Bahasa inggris di SMP wainggai. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1138–1142. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.996
Wibowo, R. A. (2018). Mengajar vocabulary Dengan Menggunakan Lagu berbahasa inggris di Akademi Teknik Perkapalan (ATP) veteran Semarang. SOSIO DIALEKTIKA, 3(2). https://doi.org/10.31942/sd.v3i2.2525
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio pembelajaran Bahasa inggris berbasis lagu kreasi di kelas Lima Sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Qamariah, Z., Widiastuty, H., Sundari, A., Hasanah, R., & Fatma. (2023). Penguatan Kosakata bahasa inggris keislaman pada siswa ma hi melalui Lirik Lagu religi Berbahasa inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(1), 120–129. https://doi.org/10.54832/judimas.v2i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.