Pemanfaatan Umpan Balik Positif dalam Membantu Siswa Membangun Kepercayaan Diri dalam Bahasa Inggris

Faizah Dinda Mutia, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana umpan balik positif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris karena umpan balik positif merupakan komponen penting dalam pendidikan bahasa. Penelitian ini menyelidiki literatur tentang berbagai teori dan pendekatan psikologi pendidikan serta praktik pengajaran bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik positif yang diberikan secara teratur dan relevan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara dan menulis bahasa Inggris. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa guru sangat penting dalam memberikan umpan balik yang membangun untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan kepercayaan diri siswa. Penemuan ini menunjukkan bahwa untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, pengajaran harus menggunakan pendekatan yang berfokus pada pemberian umpan balik yang konstruktif dan terstruktur. Penelitian ini memperkaya literatur tentang strategi pengajaran bahasa dan psikologi pendidikan yang dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran bahasa kedua

Full Text:

PDF

References


Cadiz-Gabejan, A. M. (2021). Enhancing Students’ Confidence in an English Language Classroom. International Journal of English Language Studies, 3(5), 16–25.

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.

Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51.

Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial. Community Development Journal, 4(2), 4765–4773.

Siti Maria Ulfa, & Moh. Arief Wahyudi. (2023). Pelatihan English Conversation Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(2), 171–180.

Syafitri, A., Yundayani, A., Kala, W., Stkip, K., & Negara, K. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Hubungan antara Kepercayaan Diri Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Setiawan, D. B., Prameswari, S. R., & Putri, S. R. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak-Anak Panti Asuhan. Adimas, 23–28.

Yousefabadi, M. M., & Ghafournia, N. (n.d.). The Impact of Self-Confidence on English Language Proficiency. International Journal for Multidisciplinary Research, 5-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ