Meninjau Fenomena Kurang Minat Bahasa Inggris di Sekolah: Sebab, Tantangan, Dampak, dan Solusi

Syarif Hidayat, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Inggris di sekolah, dengan fokus pada pemahaman penyebab, tantangan, dampak dan kemungkinan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam dan survei terhadap siswa, dan guru dari sekolah menengah atas di Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama penyebab rendahnya minat antara lain  metode pengajaran yang kurang menarik, kurangnya dukungan lingkungan, dan terbatasnya kesempatan berlatih bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan yang dihadapi antara lain rendahnya motivasi belajar intrinsik, terbatasnya sumber daya pendidikan, dan sikap negatif terhadap bahasa asing. Dampak dari kurangnya minat ini terlihat pada siswa yang memiliki hasil akademik lebih rendah pada mata pelajaran bahasa Inggris dan berkurangnya kemampuan komunikasi internasional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan sejumlah solusi seperti mengganti metode pengajaran, peningkatan pelatihan guru dan pembentukan komunitas berbahasa Inggris di sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan mengenai peningkatan minat dan keterampilan bahasa Inggris  siswa.


Full Text:

PDF

References


Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480.

Ihsan, F., Atiq, A., & Samodra, Y. T. J. (2014). Pengaruh Media Latihan Terhadap Kemampuan Dribbling. 1–6.

Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 9–10. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7818/3511


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ