Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Game Edukasi Educaplay pada Materi Recount Text Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Ponjong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Ponjong menggunakan game edukasi educaplay pada materi recount text. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian deskriptif komparatif, yaitu penelitian yang menggambarkan perbandingan proses berlangsungnya pembelajaran pada kondisi awal, tindakan, dan kondisi akhir setelah tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus 1 dan siklus 2. Perbedaan kedua siklus terletak pada game edukasi antara game edukasi quizizz dan game edukasi educaplay yang digunakan sesuai dengan materi pembelajarannya yaitu recount text. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media game edukasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris. Pada media game edukasi educaplay yang menarik siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran di kelas, siswa menjadi tertarik belajar bahasa inggris dengan menggunakan game edukasi salah satu nya dengan game edukasi educaplay. Mereka tidak merasa takut untuk lebih aktif berbicara bahasa inggris. Tentu saja hal ini sangat positif dalam meningkatkat motivasi siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam menguasai pembelajaran bahasa inggris.
Full Text:
PDFReferences
https://www.researchgate.net/publication/307723149_Penelitian_Tindakan_Kelas_Pembelajaran_Bahasa_Inggris 449-24-PB.pdf
Metode Penelitian Deskriptif Komparatif: Membongkar Rahasia Perbedaan di Balik Data - PerpusTeknik.com
https://media.neliti.com/media/publications/354623-analisis-penerapan-metode-games-educatio-8fed296f.pdf
https://www.researchgate.net/publication/347322748_Pengaruh_Game-Based_Learning_Terhadap_Motivasi_dan_Prestasi_Belajar
https://www.researchgate.net/publication/336557722_PENERAPAN_GAME_EDUKATIF_UNTUK_MENINGKATKAN_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_SETINGKAT_MADRASAH_IBTIDAIYAH
https://www.educaplay.com/resource-editor/18728196/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.