Upaya Meningkatkan Keberanian Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk melalui Penilaian Diri pada Saat Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas
Abstract
Artikel Penelitian ini bertujuan untuk mengekslorasi efektivitas penilaian diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk selama pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data dilakukan melalui observasi pribadi. Penelitian ini menggambarkan pengalaman dan strategi yang digunakan oleh peneliti dalam menghadapi tantangan meningkatkan keberanian kemampuan berbicara Bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Melalui eksplorasi Upaya-upaya dan inovasi yang dilakukan oleh peneliti untuk mempertahankan minat dan konsentrasi siswa, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para praktisi pendidikan untuk menangani situasi serupa dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah menengah. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengembangkan keterampilan berbicara yang efektif, penting bagi pengajar untuk memberikan perhatian yang cukup pada tata bahasa, pengucapan, dan kosakata dan implementasi penilaian diri di kelas dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap tujuan dan kriteria penilaian tugas serta upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektifitas dalam proses belajar seperti membuat icebreaking ataupun games sebelum memulai pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Alfianti, M. (2022). the Implementation of Self-Assessment in Efl Student’S Speaking Performance. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 5(2), 103–116. https://doi.org/10.47080/jeltl.v5i2.2043
Andrade, H. L. (2019). A Critical Review of Research on Student Self-Assessment. Frontiers in Education, 4(August), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00087
Asdar. (2017). Students’ Self-Assessment on Their Spoken Interaction Using Cefr. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 148–161. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1222
Mohamed Jamrus, M. H., & Razali, A. B. (2019). Using Self-Assessment as a Tool for English Language Learning. English Language Teaching, 12(11), 64. https://doi.org/10.5539/elt.v12n11p64
Marzuki, A. G., Alek, A., Farkhan, M., & Deni, R. (2020). Self-Assessment in Exploring EFL Students’ Speaking Skill. Al-Ta Lim Journal, 27(2), 208–214. https://doi.org/10.15548/jt.v27i2.613
Masruria, W. W., & Anam, S. (2021). Exploring Self-Assessment of Speaking Skill by EFL High School Students. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 4(2), 387–400. https://doi.org/10.31539/leea.v4i2.2285
Quito, L. (2021). Self-assessment of Roleplays to Improve Speaking.
Römer, U. (2017). Language Assessment and The Inseparability of Lexis and Grammar: Focus on The Construct of Speaking. Language Testing, 34(4), 477–492. https://doi.org/10.1177/0265532217711431
Sugiyono, N. (2020). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta) Go to reference in article. CV Alfabeta.
Suquilanda, J. (2022). Self-assessment Influence on Improving Speaking Skills.
Thawabieh, A. M. (2017). A Comparison between Students’ Self-Assessment and Teachers’ Assessment. Journal of Curriculum and Teaching, 6(1), 14. https://doi.org/10.5430/jct.v6n1p14
Tran, Q. (2019). The Use of Self- assessment to Improve EFL students ‘speaking Performance: A Review. Using Alternative Assessment to Improve EFL Learners ‘Learning Achievement. https://www.researchgate.net/publication/333943618_The_use_of_self-assessment_to_improve_EFL_students%27_speaking_performance_a_review#page=53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.