Strategi Mengatasi Tantangan Motivasi Belajar di Kelas 8 melalui Penggunaan Media Permainan Kartu Uno

Diba Khairan Sadida, Munifah Bahfen

Abstract


Artikel ini membahas tantangan motivasi dalam pembelajaran bagi siswa kelas delapan dan mengusulkan solusi menggunakan permainan Uno sebagai alat pengajaran. Pentingnya motivasi dalam pembelajaran disorot, terutama dalam konteks siswa kelas delapan, yang sering menghadapi tantangan seperti rentang perhatian terbatas, minat rendah pada materi pelajaran, dan kebutuhan akan keterlibatan yang konstan. Tujuan metode adalah untuk meningkatkan keterlibatan, meningkatkan keterampilan sosial, dan memberikan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan partisipasi siswa, peningkatan retensi memori, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Contoh-contoh bagaimana Uno dapat diintegrasikan ke dalam kelas, seperti menggunakannya sebagai imbalan atas penyelesaian tugas atau sebagai alat untuk mengajar konsep-konsep tertentu, disediakan. Manfaat potensial menggunakan Uno di kelas, termasuk peningkatan partisipasi siswa, peningkatan retensi memori, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis, dibahas. Artikel juga membahas kekhawatiran potensial, seperti potensi untuk teralihkan atau permainan menjadi terlalu kompetitif, dan memberikan saran untuk mengatasi masalah-masalah ini. Kesimpulannya, penggunaan Uno sebagai alat pengajaran diusulkan sebagai strategi berharga untuk mengatasi tantangan motivasi dalam pembelajaran bagi siswa kelas delapan, yang pada akhirnya mengarah pada hasil pembelajaran yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Asratie, M. G., Wale, B. D., & Aylet, Y. T. (2023). Effects of using educational technology tools to enhance EFL students’ speaking performance. Education and Information Technologies, 28(8), 10031–10051. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11562-y

Baker‐Smemoe, W., Dewey, D., Bown, J., & Martinsen, R. A. (2014). Variables affecting L2 gains during study abroad. Foreign Language Annals, 47(3), 464–486. https://doi.org/10.1111/flan.12093

Cantika, A. K., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Uno Stacko Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 TAHUN. Cantika | Kumara Cendekia. https://doi.org/10.20961/kc.v11i1.59586

De Valenzuela, J. S., Pacheco, R., & Shenoy, S. (2022). Current Practices and Challenges in Language Proficiency Assessment for English Learners with Complex Support Needs. Research and Practice for Persons With Severe Disabilities, 47(1), 6–21. https://doi.org/10.1177/15407969221075848

Efendi, Y., Ananta Kusuma, V., & Riyanto, A. (2023). Strategi Penggunaan Kartu Uno Edukatif Dalam Rangka Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda Guru SDN Pengadilan 5 Kota Bogor. 351 | Wahana Dedikasi Copyright@Widyasari, 6(2). http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.7125

Fernandes, R., Willison, J., & Boyle, C. (2024). Characteristics of facilitated critical thinking when students listen to and speak English as an additional language in Indonesia. Thinking Skills and Creativity, 52(August 2023), 101513. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101513

Leonard, S. (2022, September 28). 6 Strategies for assessing English Language Learners. TAO. https://www.taotesting.com/blog/6-strategies-for-assessing-english-language-learners/

Mahalingappa, L., Zong, J., & Polat, N. (2024). The impact of captioning and playback speed on listening comprehension of multilingual English learners at varying proficiency levels. System, 120(December 2023), 103192. https://doi.org/10.1016/j.system.2023.103192

Murray, N., & Hicks, M. (2014). An institutional approach to English language proficiency. Journal of Further and Higher Education, 40(2), 170–187. https://doi.org/10.1080/0309877X.2014.938261

Welesilassie, M. W., & Nikolov, M. (2024). The relationship among EFL learners’ motivational self-system, willingness to communicate, and self-assessed proficiency at an Ethiopian preparatory high school. Heliyon, 10(2), e24171. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e24171

What are the underlying challenges in English Language Proficiency? Immediate Immersion. (2023, September 20). Top 5 challenges of assessing speaking skills and how to overcome them [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=fwvivWu0Nr0

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02

Ying, Y. H., Siang, W. E. W., & Mohamad, M. (2021). The Challenges of Learning English Skills and the Integration of Social Media and Video Conferencing Tools to Help ESL Learners Coping with the Challenges during COVID-19 Pandemic: A Literature Review. Creative Education, 12(07), 1503–1516. https://doi.org/10.4236/ce.2021.127115

Zadorozhnyy, A., & Lee, J. S. (2023). Informal Digital Learning of English and willingness to communicate in a second language: self-efficacy beliefs as a mediator. Computer Assisted Language Learning, 1–21. https://doi.org/10.1080/09588221.2023.2215279


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ