Kompleksitas Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Internasional di Negara Non-Bahasa Inggris
Abstract
Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi mengenai cara mengajar bahasa Inggris di sekolah internasional yang berlokasi di negara non-bahasa Inggris menghadirkan berbagai tantangan dan kompleksitas di Grade 1 sekolah Yuai International Islamic School, Japan. Artikel ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan tersebut, termasuk perbedaan budaya, variasi tingkat kemahiran bahasa siswa. Penelitian ini juga mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, serta pentingnya dukungan dari administrasi sekolah dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inklusif. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi praktis bagi para pengajar dan pemangku kepentingan di sekolah internasional untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris.
Full Text:
PDFReferences
Albiladi, Waheeb S, ‘Teaching English Pronunciation Revisited: The Challenges of Teaching EFL in Non-English-Speaking Countries’, European Journal of Foreign Language Teaching, 4.2 (2019), 41–50 https://doi.org/10.5281/zenodo.3566658
Anam, Nova Khairul, Afroni, and Mochamad, ‘Peran Penting Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini’, Peran Penting Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini, 1.2 (2020), 3 https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/302/216
Asia, PT. Trans Intra, ‘Evaluasi Sekolah Bertaraf Internasional’, 2010, 192
Baker, Will, Culture and Identity Through English as A Lingua Franca: Rethinking Concepts and Goals in Intercultural Communication, (2015)
Fitriyani, Eka, and Putri Zulmi Nulanda, ‘Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4.2 (2017), 167–82 https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Fitriati, Sri Wuli, Aprilian Ria Adisti, Christianti Tri Hapsari, and Alief Noor Farida, ‘Peningkatan Kompetensi Mengajar Bahasa Inggris Guru-Guru PAUD Melalui Pelatihan Pembelajaran Dan Sumber Belajar Interaktif’, Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4.1 (2023), 224–37 https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239
Girsang, L N I, and R K Simarmata, ‘Penerapan Media Audio-Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Di Sd N 122379 Pematangsiantar’, Prosiding Seminar Nasional, 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/143%0Ahttps://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/download/143/135
García, Ofelia, and Angel M Y Lin, ‘Bilingual and Multilingual Education’, Bilingual and Multilingual Education, 2016, 1–14 https://doi.org/10.1007/978-3-319-02324-3
Lee McKay, Sandra, ‘English as an International Language’, Sociolinguistics and Language Education, 3.2008 (2010), 89–115 https://doi.org/10.2104/aral0828
Moussu, Lucie, and Enric Llurda, Non-Native English-Speaking English Language Teachers: History and Research, Language Teaching, 2008, XLI https://doi.org/10.1017/S0261444808005028
Ntagwabira, Vedaste, Moses Mitari, Albert Nshimiyimana, Emmanuel Majyambere, Joseph Hakizimana, and Clement Mahoro, ‘The Impact of English Printed Books on Improving Students’ English Reading Skills in Twelve Years of Basic Education in Remote Areas: A Case Study of Muhanga District, Rwanda’, African Journal of Empirical Research, 5.2 (2024), 620–30 https://doi.org/10.51867/ajernet.5.2.55
Rintaningrum, Ratna, Aleksandar Kavgić, Marina Garaeva, Lyudmila Shcherbatykh, Mikhail Kosov, Próspero Morán, and others, ‘New Concept of Teaching English to Students from Non-English Speaking Countries’, Emerging Science Journal, 7.6 (2023), 2202–15 https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-07-06-020
Ratminingsih, N. M., ‘Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5.1 (2016), 27 https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Santosa, Rochmat Budi, ‘Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 18.1 (2018), 87 https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089
Sasrawangi, Andi, Iskandar, and Muhlis, ‘Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris Melalui Game Di Kelas VIII MTSS Badan Amal Ujung Loe Kab Bulukumba Sulawesi Selatan.’, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Meningkatkan, 3.3 (2021), 18–28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.