KARTU BERGAMBAR DAN PEMEROLEHAN BAHASA SISWA KB LAB SCHOOL FIP UMJ
Abstract
Lingkungan merupakan hal terpenting dalam fase pemerolehan bahasa anak. Anak dengan mudah mencerna kemudian menirukan bahasa baru sesuai yang ia dengar baik melalui komunikasi dengan orang tua, teman, bahkan gawai yang digunakannya. Dengan demikian diperlukanlah pengawasan dalam tahap pemerolehan bahasa anak karena bahasa dapat mencerminkan kepribadiannya kelak. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa siswa lebih terbiasa menggunakan bahasa asing (bahasa Inggris) dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi saat di sekolah siswa dapat memperoleh dan menggunakan bahasa Indonesia bersama teman-temannya. Siswa memperoleh bahasa baru karena mereka aktif bertanya terkait hal baru yang ia temukan. Sikap siswa dapat dinyatakan positif dalam menerima bahasa baku melalui media kartu bergambar serta respon siswa yang begitu antusias saat masing-masing diberikan kartu bergambar untuk membaca kemudian diberikan stimulus untuk mendapatkan respon atas bahasa dalam kartu yang dipegang masing-masing siswa.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti, dkk. (2011). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Chaer, Abdul. (2009) Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Dardjowidjojo, Soenjono. (2014) Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Penerbit Obor.
Sugiono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunendar, dkk. (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
http://Labschoolfipumj.sch.id/. diakses pada 30 Juli 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.