Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Balok Angka pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah 12 Pamulang

Penulis

  • Adiyati Fathu Roshonah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Niken Galuh Wikandyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anita Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Kemampuan berhitung merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini, yang menjadi dasar bagi kemampuan matematika di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka pada anak kelompok A di Tk Aisyiyah 12 pamulang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai efektivitas metode ini. Partisipan penelitian adalah anak-anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun serta guru yang terlibat dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan Balook angka secara signifikan membantu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Anak-anak menunjukan peningkatan dalam mengenal angka, serta menunjukan keterlibatan yang tinggi dalam aktivitas belajar. Selain itu, permainan ini juga mendukung perkembangan motoric halus, sosial-emosional, dan kemampuan Bahasa anak-anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan balok angka merupakan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik tentang pentingnyaa menggunakan metode pembelajaran yang interaktif untuk mendukung perkembangan kognitif anak. Diharapkan, hasil penelitian ini menjadi referensi dalam pengembangan kurikulum dan strategis pembelajaran di Pendidikan anak usia dini.

Referensi

Abdurahman, A. (1999). Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenaangkan. quantu.

Abu H. Drs,. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Armico. Alamiyah.

Dini,D . P . A. U. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Diknas.Ahmadi.

Nasional, D. P. . (2004). pedoman pembelajaran di taman kanak- kanak. Depdiknas.

Rahmatunnisa, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhaadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Muutiara Bunda Banda Aceh . Doctoral dissertation, UNIMED.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Terbitan

Bagian

Articles