Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5C MIS Al-Hidayah

Penulis

  • Muhamad Hasby Putroanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Laily Nurmalia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mas Roro Diah Wahyulestari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi peristiwa perubahan wujud pada benda yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari, Peneliti melihat hal ini disebabkan karena siswa lebih sering menunjukkan rasa bosan ketika belajar bila hanya melalui buku saja. Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat saat ini perlu diterapkan dalam perkembangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan video pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar siswa kelas 5C, di MIS Al-Hidayah . Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas 5C yang berjumlah 29 peserta didik dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 4 tahapan tindakan pada suatu siklus, yaitu tahapan Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Adanya media video pembelajaran IPA ini  membuat  siswa  penasaran  akan isi materi  yang ada di video pembelajaran tersebut. Setelah melakukan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran tema 5 pembelajaran 1 tentang peristiwa perubahan wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa media pembelajaran melalui video dapat menjadi wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Melihat dari pada hasil siklus tersebut timbulnya sebuah perbedaan yakni peningkatan hasil belajar, dengan itu guru kelas bisa menambahkan pembelajaran melalui video pembelajaran yang saat ini sangat banyak ragamnya

Referensi

Adhianti, F. (2022). Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa. Vol 1 No 1 April, 830-833.

Adisasongko, N. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif. 50, 10.

Ina Magdalena, A. S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sdn Sindangsari Iii. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah volume 3, Nomor 1, 120.

Malasae, W. (2013). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menerapkan Pendekatan Proses Menulis.

Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi Vol. 1 No. 2 , 1.

Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan. Volume 3, Nomor 1, Januari, 3 , 125.

Sri Astuti, S. (2021). Media Pembelajaran Dapat Merupakan Wahana Penyalur Pesan Dan Informasi Belajar. Vol. 1, No. 1.

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Vol. 2, No.1,5

Susilowati. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Vol 2, No 01. 1

Yuniarti, S. H. (N.D.). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 5-7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Terbitan

Bagian

Articles