Strategi Efektik Pengajaran Membaca pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Penulis

  • Dea Permata Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Iswan Iswan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azmi Al bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Baryono Baryono MI Muhammadiyah Butuh 01 & 02 Kalikajar, Wonosobo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam pengajaran membaca bagi peserta didik sekolah dasar MI Muhammadiyah Butuh 01 Kalikajar Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur dan observasi langsung di kelas yang telah menerapkan berbagai strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi efektif dalam pengajaran membaca meliputi penggunaan metode yang berpusat pada siswa, pemanfaatan bahan bacaan yang sesuai dengan minat dan tingkat pemahaman peserta didik, serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan siswa juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan program pelatihan bagi guru untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan strategi pengajaran yang efektif dalam membaca di sekolah dasar.

Referensi

Arsyad., A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Musta'in, N. (2010). Anak Islam Suka membaca Jilid 2. Surakarta: Marwah Media.

Ningrum, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan, 1(2), 13-27.

Satrijono, H. B. (2019). Penerapan Strategi Know, Want To Know, Learned (KWL) untuk Menigkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 102-107.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Terbitan

Bagian

Articles