Peningkatan Karakter Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif dengan Metode Bermain Peran di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi

Penulis

  • Haikal Azrasabiy Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Ishaq Gery Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Elnawati Elnawati Universias Muhammadiyah Sukabumi

Abstrak

Pembelajaran di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 dalam pengamatan bahwa guru pada kelas tinggi sudah menerapkan pembelajaran active learning dengan pendekatan role playing sesuai dengan yang ada pada perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru. Kenyataan dilapangan dan observasi, guru sudah menerapkan pembelajaran aktif yang bersifat kognitif. Namun pembelajaran pada aspek efektif/sikap seperti pendidikan karakter masih belum dilakukan. Sehingga, penulis berargumentasi jika guru telah menerapkan pembelajaran mata pelajaran kognitif, apakah pembelajaran pada pendidikan karakter juga dapat menimbulkan pengaruh pada karakter siswa di sekolah maupun luar sekolah. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengarah pada penelitian lapangan (field research). Dengan menitikberatkan pada proses pencarian setiap data yang ada di lapangan, penulis dapat memperoleh gambaran yang lengkap tentang informasi yang dibutuhkan dari permasalahan yang dibuat dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan tujuan untuk memberi gambaran pembelajaran berbasis pembelajaran aktif dengan teknik role playing dalam pembentukan karakter pada siswa di MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi. Dalam penelitian ini informan warga sekolah dari MI Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi yang terdiri 1 guru kelas dan 21 siswa dan siswi. Instrumen penelitian dalam ini menggunakan instrument wawancara, observarsi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan jika penerapan bermain peran nilai lainnya yaitu kerjasama dan kemandirian memiliki peningkatan terhadap pendidikan karakter khususnya karakter kemandirian, kerjasama dan tanggung jawab.Sedangkan, hambatan dalam penerapan bermain peran dapat dilihat ketika siswa sulit dan tidak ingin mengikuti bermain peran sesuai dengan instruksi dari guru pada pelajaran di kelas. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-03

Terbitan

Bagian

Articles