Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor internal apa yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI PPLG di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo. 2) faktor eksternal apa yang menyebabkan kurangnya minat siwa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI PPLG di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) faktor internal yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Kelas XI PPLG di SMK. Muhammadiyah 1 Wonosobo adalah: (a) faktor aspek jasmaniah yang mencakup kondisi fisik atau kesehatan dari individu siswa tersebut seperti sering kelelahan adanya rasa sakit di bagian kaki, tangan dan kepala siswa 2) Faktor eksternal yang menyebabkan adalah : (a) faktor keterbatasan alat untuk berolahraga (b) lapangan yang kurang mendukung, kotor dan tidak rata (c) suasana dan cuaca yang panas dikarenakan dekat dengan pantai (c) adanya ajakan dari teman selokal maupun dari lokal lain saat berolahraga..Referensi
Gunawan, Badaru, Benny. (2019). SURVEI MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN .
http://eprints.unm.ac.id/14415/1/Jurnal%20Gunawan.pdf, 1-10.
Ihsan Maulani, Aryadie Adnan. (2018). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. https://media.neliti.com/, 1077 - 1086.
Munir.M. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
Ditinjau . (Jurnal Skripsi Universitas Negeri Makassar).
Paturusi, Achmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT Rineka
Saleh.M.S. (2021). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan
Jasmani Di . Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Veni Imawati1, Achmad Maulana2. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses
Pembelajaran PJOK. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej, 87-93.
Zaki dan Zuraini. (2016). faktor faktor yang mempengaruhi minat siswa belajar pendidikan.
Jurnal tunas bangsa, VOL 3 NO 2 .ISSN 2355-0066. Hal 45.