Pengaruh Penerapan Metode Storytelling pada Minat dan Kemampuan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VIII SMP Labschool FIP UMJ
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan metode storytelling pada minat dan kemampuan belajar Bahasa inggris siswa kelas VIII di SMP Labchool FIP UMJ. Kurikulum pendidikan di Indonesia menekankan empat keterampilan utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris, termasuk kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, salah satu aspek penting yang sering terabaikan adalah pengembangan metode pembelajaran yang digunakan dimana merupakan salah satu factor penting dalam belajar Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, metode pengajaran menggunakan metode storytelling diterapkan untuk melihat pengarunya pada minat dan kemampuan siswa dalam belajar Bahasa inggris.Referensi
Asri, A. N., Indrianti, T., & Perdanasari, N. (2017). Penerapan digital storytelling dalam pembelajaran bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 81-89.
Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of Education Science, 7(2), 81-98.
Febrina, A. (2021). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Kemampuan Berbicara Siswa (Studi Pada Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Pagar Alam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 88-99.
Niswah, S. A., & Prasetyarini, A. (2013). Pengaruh metode storytelling terhadap pengembangan minat baca dan bahasa anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Pati Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rizky, W. O. T., & Suharmoko, S. (2019). Peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris melalui Storytelling pada siswa SMK Negeri 3 Kota Sorong. Lisan: Jurnal Bahasa dan Linguistik, 9(1), 1-13.