PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PUSARAN GLOBALISASI

Harinaredi Harinaredi

Abstract


Pendidikan karakter menjadi bagian penting yang tidak dapat diabaikan begitu saja, perlu pendekatan yang serius dan sistematis sebagai upaya untuk menjaga nilai-nilai nasionalisme bangsa yang tentunya makin hari makin pudar oleh derasnya arus globalisasi. Melalui pendidikan sejarah, nilai-nilai kebangsaan di tanamkan dalam tiap proses pembelajaran sejarah sehingga sejarah diajarkan tidak hanya sebagai pelajaran tentang masa silam dan berhenti di masa silam tetapi juga mampu menberikan inspirasi, ide bagi generasi muda untuk meyadari pentingnya nasionalisme dan rasa kebanggaan terhadap tanah airnya dan berkarya sesuai dengan zamannya demi kemajuan bangsa Indonesia. Globalisasi telah merambah keberbagai sendi kehidupan, sendi politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi yang makin canggih adalah suatu keniscayaan yang harus diterima, tinggal bagimana bangsa ini menyikapi dengan positif dan tetap menjaga nilai persatuan dan kesatuan dan menjunjung tinggi pembelaan terhadap kepentingan rakyat Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Omar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartodirdjo, Sartono. 1994. Kebudayaan Pembangunan Dalam Perspektif Sejarah. Kumpulan Karangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Olivia, Peter F. 1982. Diveloping The Curriculum. Boston Toronto: Litle, Brown and Company.

Robinson, Philip. 1986. Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan,. terjemahan: Hasan Basari Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana & Arifin, Daeng. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru.

Suryo, Djoko. 1989.“Pengajaran dan globalisasi Kehidupan”. dalam Historika, No. 5 Tahun III Surakarta: Program Pascasarjana IKIP Jakarta KPK UNS.

Winkel, Ws. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ