ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DATA PENELITIAN MAHASISWA BERBASIS PROGRAM MS. EXCEL 2010 DAN PROGRAM SPSS 22 PADA MAHASISWA FIP UMJ SEMESTER AKHIR

Muhammad Hayun, Lidiyatul Izzah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat perbedaan pemahaman mahasiswa dalam pengeolaan data penelitian kuantitatif dengan menggunakan program MS Excel dan program SPSS. Target penelitian ini memberikan informasi kepada publik bahwa penggunaan program MS Excel dan SPSS membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan data penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik uji perbedaan (t-test) dua sampel berbeda. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa FIP UMJ semester akhir dengan teknik sampling yaitu purposive sampling (sampel bertujuan). Peneliti akan membentuk 2 kelompok yaitu kelompok yang diberi program MS Excel dan kelompok yang diberi program SPPS.

Hasil dari penelitian eksperimen ini adalah diperoleh nilai perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman mahasiswa pada pengelolaan data penelitian kuantitatif yaitu kelas yang diberi program Ms. Excel lebih tinggi daripada kelas mahasiswa yang diberi program SPSS dengan nilai dan nilai dan nilai uji , pada pengujian Sig.0,00<0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai kemampuan pemahaman pengelolaan data yang signifikans antara kelompok yang diberi Ms.Excel dengan SPSS. Selain itu ada perbedaan nilai yang signifikans pada kategori kemampuan pemahaman yang diperoleh kelas eksperimen dengan kategori tinggi 68,18%, dan kategori sedang 31,82%, sedangkan untuk kelas SPSS diperoleh kategori tinggi 25%, kategori sedang 75%, dengan demikian pemberian perlakuan pada kelas Ms. Excel lebih baik daripada kelas SPSS.

Full Text:

PDF

References


Fitri, Amalia. 2011. Pengembangan perangkat pembelajaran statistika Dasar bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem based learning. Jurnal PP. Vol. 1. No. 2.

Hariyadi, Moh. 2009. Statistika Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Kadir, 2015. Statistika Terapan (Konsep, contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS dan Lisreal dalam Penelitian). Jakarta : Rajawali.

____, 2010. Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Rosemanta

Martadiputra, Bambang AP dan Didi Suryadi, 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Journal Elektronik INFINITY. Vol. 1. No. 1.

Riduwan, dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistika (untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi, dan bisnis). Bandung: Alfabeta.

Rohana, dkk. 2009. Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3. No. 2

http://www.unco.edu/cetl/sir/stating_outcome/documents/Krathwohl.pdf

Sudarmanto, R. Gunawan, 2013. Statistika Terapan Berbasis Komputer. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiyono, 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

________, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ