EFEKTIVITAS METODE TILAWATI SEBAGAI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK DISLEKSIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektifitas metode tilawati pada anak disleksia, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan deta menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dengan fokus masalah yaitu fashohah, tajwid dan bacaan yang lancer tanpa jeda yang dilakukan di TPQ Masjid Raya Bintaro Jaya dengan subyek satu anak disleksia yang saat ini sudah memasuki tilawati 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tilawati efektif untuk anak disleksia. Ini dikarenakan pendekatan yang digunakan oleh metode tilawati yaitu klasikal dan baca simak. Hasil dari metode tilawati akan sama antara anak normal dengan anak disleksia akan tetapi untuk anak disleksia membutuhkan waktu yang lebih lama dibangdingkan dengan anak normal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait seperti kepada kepala sekolah, guru, siswa serta peneliti selanjutnya.
Full Text:
PDFReferences
Hasan, Abdurrohim, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Al-Quran. Surabaya: Pesantren AlQuran Nurul Falah
Moleong, Lexy, J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
R. Frank. 2002. The secret life of dyslexic child, a practical guide for parents and educators. The Philip Lief Group, Inc,
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By: |