PENGARUH EKSTRAKURIKULER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Novrizky Ekapratama Putra, Viarti Eminita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang aktif di bidang ekstrakurikuler cenderung kurang memahami materi pelajaran yang ada dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh ekstrakurikuler terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa dimana terdiri dari XII IPA 1 sejumlah 39 siswa dan XII IPS 2 sejumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh ekstrakurikuler terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji hipotesis yakni Fhitung ≥ Ftabel yaitu 4,216 ≥ 3,14. Kemudian tidak ada pengaruh ekstrakurikuler terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji hipotesis yakni Fhitung < Ftabel yaitu 1,010 < 3,14. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, serta peneliti selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia.

Sutikno, Sobri. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Holistika.

Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ