ASPEK – ASPEK DALAM REFLEKSI MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FIP UMJ

Zaitun Zaitun, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek apa sajakah yang direfleksikan oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ). Refleksi mengajar ini dituliskan mahasiswa dalam bentuk jurnal tentang pengalaman, harapan, keadaan, kenyataan dan berbagai hal yang mereka rasakan, pikirkan, bayangkan, alami, lakukan selama melakukan praktik mengajar pada mata kuliah wajib fakultas, Magang 3. Dua buah jurnal refleksi mengajar dari 2 orang mahasiswa menjadi sumber data dalam penelitian ini. Jurnal refleksi mengajar ini dianalisis dengan menggunakan critical reflection (refleksi kritis) Smith (2011) yang mencakup 4 domain, yaitu: personal (pikiran dan perbuatan), interpersonal (hubungan dengan yang lain), kontekstual (konsep, teori, metode) dan kritikal (politis, etika, konteks sosial). Hasil analisis data menunjukkan bahwa refleksi mengajar mahasiswa 1 mencakup keempat domain tersebut sedangkan refleksi mengajar mahasiswa 2 hanya mencakup 3 domain yaitu personal, interpersonal dan kritikal.

Full Text:

PDF

References


Bleakley, Alan. (1999). From Reflective Practice to Holistic Reflexivity. Studies in Higher Education - STUD HIGH EDUC. 24. 315-330. 10.1080/03075079912331379925.

https://www.google.co.id/search?q=critical+thinking+smith+2011

Hudson, Nguyen & Hudson. (2003). Challenges for pre-service EFL teachers entering practicum, in: http://eprints.qud.edu.au.

Kolb, D.A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (Vol. 1). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Kumari, B. Vina & Rao, D.Gumarti Baskhara. (2004). Methods of teaching social studies. New Delhi: Dynamic Printer Delhi.

Maheshwari, V.K. (2011). Micro-teaching: A scaled-down, simulating practice teaching technique. Perennialism on education, retrieved from: http://www.vkmaheshwari.com/WP/?p=173, on Dec 2017.

Rodzeviþinjtơ, E. (2008). Pedagogo profesijos pasirinkimo motyvacija ir jos kaita pedagoginiǐ studijǐmetu (Motivation to Choose Teaching as Profession and its Change During Pedagogical Studies). Profesinis rengimas: tyrimai ir realijos. Vocational Education: research and reality,15, 74-86.

Serra, Roselli. (2015). What Is reflective teaching and why is it important?. http://www.richmondshare.com.br/what-is-reflective-teaching-and-why-is-it-important

Smith, E. (2011). Teaching critical reflection. Teaching in higher education, 16 (2), pp. 211-223.

Wang, J. & Odell, SJ. (2003). Learning to teach towards standards-based writing instructions: Experiences of two pre-service teachers and two mentors in an urban, multicultural classroom. The Elementary School Journal, 104 (2), pp. 147-174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ