MEDIA VIDEO: SOLUSI PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Lanjar Pratiwi

Abstract


Pembelajaran merupakan aktivitas yang diselenggarakan oleh guru kepada siswa untuk membelajarkan siswa agar memperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun kenyataan di lapangan, pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga pembelajaran menjadi monoton. Pembelajaran yang monoton menyebabkan belajar siswa di dalam kelas kurang maksimal. Pembelajaran IPS pada SD mengandung konsep abstrak, sehingga diperlukan media untuk membuat konsep menjadi lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Media merupakan salah satu di antara banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penggunaan media dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS salah satunya adalah media video. Keunggulan media video yang mampu menampilkan gambar bergerak dan suara merupakan satu daya tarik sendiri, karena siswa mampu menyerap pesan atau informasi dengan menggunakan lebih dari satu indera.

Full Text:

PDF

References


Akhmad. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Nilai Pengetahuan HAM Menggunakan Media Video Pada Mapel PPKN Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume VI, No. 2, Juli 2017 hal. 41-49

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Busyaeri, Achmad, dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Ibtida, Vol. 3, No.1, Juni 2016 hal. 116-137

Cheppy, Riyana. 2008. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Febriyanti, Eva. 2014. Penggunaan Media Video Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Portal Garuda

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=288478&val=7233&title=penggunaan%20media%20video%20terhadap%20aktivitas%20dan%20hasil%20belajar%20siswa

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sardiyo dan Didih Sugandi. 2009. Pendidikan IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Smaldino, E Sharoon, dkk. 2008. Intructional technology and mediafor learning Upper Saddle River. New Jersey Colombus, Ohio. Ninth Edition.

Sofyan, Amir Fatah. 2008. Digital Multimedia: animasi, sound, editing dan video editing. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Taneo. 2008. Kajian IPS SD. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Thobroni, Mohammad. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Viviantini dan Saehana, Sahrul. 2015. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 6 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. Volume 4, Nomor 1, Januari 2015 halaman 66-71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ