PENGGUNAAN STRATEGI PEMETAAN SEMANTIK DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

Desy Ayu Andhira, Hasnur Ruslan

Abstract


Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pemetaan semantik dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Dengan cara random sampling terpilih kelas X TKJ 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 3 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol, yang diajar dengan menggunakan penerapan strategi pemetaan semantik, serta untuk mengetahui apakah penerapan strategi pemetaan semantik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng.  Instrument yang digunakan adalah rancangan pembelajaran, tes menulis karangan deskripsi berupa pedoman menulis atau petunjuk menulis karangan deskripsi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi dan tes. Setiap kelompok diajar dengan frekuensi pertemuan yang sama dengan materi yang sama. Pada akhir pembelajaran diberikan tes dengan bobot soal yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan stategi pemetaan semantik lebih efektif jika dibandingkan dengan penerapan metode konvensial dalam pembelajaran menulis deskripsi.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S. 1997/1998. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aminuddin, 2001. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aminuddin, Andi. 2002. Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 68 Cangadi II Menulis Karangan Deskripsi dengan Bantuan Gambar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Burns. Roe & Ross. 1996 Teaching and Today’s Elementary. Boston: Hougton Mifflin Company.

Chaer, Abdul. 1994. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Cox, Corol. 1998. Teaching Language Arts. A Student-and Response-Contered Classroom. California State Univercity, Long Beach: Allyin and Bacon.

Ellis, Athur, dkk. 1989. Elementary Languange Arts Instruction. Enhlewood Cliff. New Jersey: Prentice Hall.

Fodor, Dean Janet. 1989. Elementary Languange Arts Instruction. Enhlewood Grammar. New York: Harvard University Press.

Indihadi, Dian. 1999. Dampak Strategi pemetaan Semantik dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas IV SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Khalik, Abdul. 1999. Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing bagi siswa Kelas IV SD Sumbersari V Kotamadya malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kuantitatif. Jakarta: VI. Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pappas, C.C., Kiefer B. Z., & Levstik L.S. 1995. An Integrated Language Perspective In Ilementary School. New York: Long man Publisher.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan. 2006. Meningkatkan Kreativitas Menulis Karangan Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. FBS Universitas Negeri Makassar.

Salma. 2003. Kemampuan Murid Kelas VI SD Negeri 131 Sinjai Menulis Karangan Deskripsi melalui Pengamatan Langsung. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar FBS Universitas Negeri Makassar.

Suwignyo, H. 1997. Pembelajaran Proses Menulis untuk Pembentukan Karangan Murid Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang PPS IKIP Malang.

Syafi’ie, Iman. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Temple, C. dkk. 1988. The Beginnings of Writing. Boston, Nassachusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Tompkins. 1994. Pembelajaran Menulis Deskripsi. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ